Mendengkur Pada Anak Dapat Menghambat Pertumbuhan

07/07/2009 13:34

ANAK tidur child sleep Mendengkur dan masalah pernafasan lainnya pada anak di waktu tidur ternyata dapat menghambat pertumbuhannya.

Masalah pernafasan pada anak ketika tidur seperti mendengkur, bernafas melalui mulut, dan apnea (nafas yang berhenti lama secara abnormal) dikenal dengan nama sleep disordering breathing (SDB).

Berdasarkan penelitian dari para peneliti di Albert Einstein College of Medicine of Yeshiva University, SDB ternyata dapat menghambat pertumbuhan dari anak.

SDB dapat mengganggu "deep sleep", suatu periode dari rangkaian tidur dimana tubuh biasanya mengeluarkan hormon pertumbuhan dalam jumlah yang besar.

anak tidur child sleepPenyebab utama terjadinya SDB adalah pembesaran tonsil dan/atau adenoid. Beberapa penyebab lainnya adalah obesitas, neuromuskular yang lemah dari otot pernafasan, dan abnormalitas kraniofasial.

Di dalam penelitian ini, anak-anak yang dilakukan operasi pembuangan tonsil/adenoidnya (amandel) mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam berat dan tinggi badannya.

Selain berhubungan dengan pertumbuhan anak, SDB juga berhubungan dengan masalah tingkah laku dan kognitif anak, misalnya attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan keterbatasan dalam kemampuan belajar.

 

Sumber : B-Post

Topic: Mendengkur Pada Anak Dapat Menghambat Pertumbuhan

No comments found.

New comment